PERUBAHAN ITU HARUS, KEMAJUAN ITU PASTI…BANGKIT BERSAMA PKBM LAMBE FOUNDATION

Pendidikan bermakna adalah kombinasi antara pedagogi kritis dan pendidikan partisipatoris. Pedagogi kritis menekankan pembebasan dari struktur yang menindas, sementara pendidikan partisipatoris mendorong peserta didik untuk menjadi subjek aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, pendidikan bermakna tidak hanya membangun kesadaran kritis, tetapi juga melibatkan peserta didik secara aktif dalam memproduksi pengetahuan dan memecahkan masalah sehari-hari.

Meskipun penting, implementasi pendidikan bermakna di Indonesia tidaklah mudah. Rendahnya kemampuan belajar mandiri peserta didik menjadi salah satu tantangan utama. Banyaknya akses ke konten rekreatif daripada edukatif juga menghambat proses pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. Bahkan keterlibatan dalam proses pembelajaran secara algoritmik melalui media baru itu dapat juga mematikan daya kreasi dan imajinasinya.

Pemahaman tentang teknologi tidak hanya sebatas hard technology, tetapi juga soft technologySoft technology mencakup proses intelektual yang memfasilitasi pembelajaran dan peningkatan kinerja. Dalam proses pendidikan, ini berarti menggunakan teknologi sebagai alat untuk memperluas proses pembelajaran, bukan sebagai pengganti dari proses tersebut. Pendidikan bermakna juga penting untuk mengintegrasikan konteks sosio-kultural setempat. Di Indonesia, ini berarti memahami akar sosio-kultural sebagai bangsa agraris-maritim. Melalui pendidikan bermakna, peserta didik dapat mengembangkan apresiasi terhadap budaya lokal dan memanfaatkan sumber daya alam secara cerdas.

Risiko diterminisme teknologi dalam pendidikan juga harus diwaspadai. Sosiologi kritis dapat membantu dalam memahami bagaimana teknologi dapat mengontrol proses pembelajaran. Melalui pendidikan bermakna, peserta didik dapat menjadi lebih waspada terhadap pengaruh ideologi kapitalis dalam konteks pembelajaran. Untuk mewujudkan pendidikan bermakna, perlu adanya upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk pendidik, lembaga pendidikan, dan pemerintah. Hanya dengan pendekatan yang holistik dan inklusif, pendidikan bermakna dapat menjadi pilar utama dalam membangun bangsa yang berdaulat dan berdaya. Dengan demikian, pendidikan bermakna bukan hanya sekadar konsep, tetapi merupakan landasan yang kuat dalam mempersiapkan generasi masa depan yang kritis, mandiri, dan berdaya saing.

Teknologi dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mendukung Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran informatika. Mengingat teknologi sangat erat kaitannya dengan pembelajaran informatika, pemanfaatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa sangatlah membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Informatika tidak hanya harus fleksibel, melainkan harus responsif
– Sumber Belajar Digital, Pembelajaran Daring (E-Learning): Siswa dapat belajar sesuai ritme mereka sendiri dan memiliki akses ke berbagai materi pembelajaran tambahan sesuai minat mereka.
– Kolaboratif Berbasis Teknologi: Alat kolaborasi seperti Google Workspace atau platform proyek daring memungkinkan siswa untuk bekerja sama pada proyek-proyek informatika yang menarik. Mereka dapat berkolaborasi dari jarak jauh dan mengembangkan aplikasi, situs web, atau perangkat lunak bersama-sama.
– Penilaian Berbasis Teknologi: Sistem penilaian ini memungkinkan guru untuk melacak kemajuan siswa secara lebih efisien dan menyediakan umpan balik yang lebih cepat. Penilaian juga dapat disesuaikan dengan pemahaman siswa dan dapat mencakup berbagai jenis tugas, termasuk proyek pembuatan aplikasi.

Refleksi dan evaluasi diri juga harus digunakan untuk membuat perbaikan berkelanjutan dalam kurikulum dan metode pengajaran. Adalah menjadi tanggung jawab saya sebagai pendidik untuk mempersiapkan siswa saya untuk menghadapi tantangan zaman. Dengan kerja keras, komunikasi yang efektif, dan senantiasa kolaborasi kita dapat mendorong lebih banyak pihak untuk bergerak menuju perubahan, membantu siswa untuk lebih siap menghadapi tantangan dunia yang semakin terhubung dan digital.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Pelaksanaan Penilaian Sumatif Ak...
Pendidikan adalah salah satu fondasi penting dalam pembentukan...
Siap menaungi dan mendukung kegi...
Kehadiran PKBM Lambe Foundation di tengah masyarakat bertempat...
PKBM HADIR BERSAMA DINAS PENDIDI...
PKBM Lambe Foundation merupakan salah satu lembaga pendidikan ...
PELAKSANAAN ASESMEN SUMATIF PAKE...
Melalui asesmen, guru dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar...
SAMBUT HARI KEMENANGAN DI BULAN ...
Kemenangan hakiki di bulan Ramadhan dapat di raih adalah ketik...
KARAKTER ANAK MULAI BERUBAH, SIA...
PKBM LAMBE FOUNDATION PRESENT… Dalam menjalankan roda ke...

Download App Sekolah

Menolong dan membantu siswa yang putus sekolah